Rabu, 03 November 2010

PENGALAMAN TENTANG KOPERASI SEKOLAH

Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.
                                                                                                                  
Beberapa cirri-ciri koperasi adalah :
  1. Koperasi merupakan kumpulan dari orang-orang dan merupakan kumpulan modal. Keanggotaan seseorang dalam koperasi bukan dilihat dari segi modal yang akan ditanamkan, tapi dititik beratkan pada kemauannya bekerjasama untuk mencapai kesejahteraan bersama.
  2. Koperasi merukan usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan. Tujuan utama koperasi adalah kesejahteraan seluruh anggota. Hal ini dicapai dengan jalan bekerjasama melakukan usaha.Anggota diwajibkan untuk secara aktif berpartisipasi memajukan koperasi sehingga hasiknya akan dapat dinikmati  besama.
Modal koperasi berasal dari penyetoran anggota yang berbentuk :
1.      Simpanan pokok adalah jumlah nilai uang tertentu yang sama banyaknya yang harus disetorkan pada waktu masuk menjadi anggota.
2.      Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayar oleh anggota dalam waktu dan kesempatan tertentu yang harus dibayar oleh anggota dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalkan tiap bulan.
3.      Simpanan sukarela adalah merupakan suatu jumlah tertentu yang diserahkan oleh anggota atau bukan anggota koperasi terhadap koperasi, atas kehendak sendiri sebagai simpanan.
Sisa hasil usaha
Dalam koperasi pendapatan yang diperoleh dalam satu tahun dikurangi dengan beban- beban dari tahun buku yang bersangkutan disebut sebagi sisa hasil usaha. Pada hakekatnya sisa hasil usaha koperasi ini sama dengan laba bersih untuk untuk perusahaan yang lain.
Koperasi sekolah menyediakan :
  1. peralatan sekolah
  2. foto copi
  3. seragam sekolah
  4. makanan dan minuman
Koperasi di sekolah sangat membantu siswa, selain itu harganya relative lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger